Cari Blog Ini

Sabtu, 14 April 2018

Gunung Fuji, di Stasiun ke 5



Gunung Fuji tingginya 3,776 meter dan adalah gunung paling tinggi di Jepang. Dengan keagungan yang tak tertandingi dan bentuk kerucut yang indah, Gunung Fuji sering dipilih sebagai bahan lukisan dan sastra. Gunung ini adalah gunung berapi yang sudah lama tidak aftif sejak letusan terakhir kalinya di tahun 1707, namun pada umumnya masih dianggap aktif oleh para geologist. Bentuknya yang kerucut simetris sempurna menjadi simbol terkenal Jepang dan sering digambarkan di dalam karya seni dan fotografi, dan juga banyak dikunjungi turis maupun pendaki gunung.

Gunung Fuji memiliki gambaran sebagai gunung yang ditutupi salju di puncaknya, namun sebenarnya salju itu tidak berada di situ sepanjang tahun. Biasanya, salju itu meleleh di musim panas dan kita bisa melihat permukaannya. Gunung Fuji mulai diliputi salju di akhir bulan September hingga awal Oktober, dan puncak curahan salju terjadi di anatara bulan Maret hingga Mei.

Di Jepang, ada kebudayaan yang menyembah sebuah gunung sebagai lokasi spiritual sejak dulu kala. Gunung Fuji telah menjadi suatu tempat yang suci bagi penganut Shinto sejak abad ke 7.  Shinto adalah kepercayaan asli orang Jepang. Sejak dulu kala, banyak orang yang menyembah dan menjalankan Shintoisme berkunjung ke Kuil Komitake, yang terletak di Stasiun ke 5 dari Gunung Fuji.

Konon Gunung Komitake adalah gunung yang muncul sebelum Gunung Fuji masa kini, dan Kuil Komitake didirikan sebagai tempat untuk sembayang lebih dari 1000 tahun yang lalu. Gunung Komitake dan Ko-Fuji (Fuji yang lama) menjadi suatu dasar dan meletus berkali-kali, yang memberi bentuk pada Gunung Fuji masa kini.Di tahun 937 , Gabungan Gunung Fuji dan Komitake ditemukan dan dibangun Kuil Komitake di puncak gunung Komitake sebagai tempat suci bagi para pemuja gunung.

Di ketinggian 2,400 meter Stasiun ke 5 adalah tempat tertinggi untuk memulai pendakian Gunung Fuji, dan dihubungkan dengan jalur yang paling pendek untuk mendaki ke puncak gunung. Ditempati oleh beberapa toko, café, sembuah kuil, dua buah dek pengamat dan sebuah kantor pos, stasiun ini serasa sebuah kampung kecil. Kita dapat menikmati segenapnya keagungan Gunung Fuji hanya dengan melihat pemandangan indah dan alam sekelilingnya dari dekat di musim kapanpun, tanpa harus mendaki gunung itu sampai ke puncaknya.
                                                   
Source: Wikipedia




2 komentar:

  1. artikel ini sangat membantu untuk mencari tempat wisata yang baik untuk dikunjungi...
    jagn lupa berkunjung di kabaralamkita.blogspot.com

    BalasHapus
  2. sangat bagus berbagi informasi dan articlenya. terus berkarya dan bertambah serta berbagi
    | sabareuma.com

    BalasHapus