Cari Blog Ini

Rabu, 11 April 2018

Florence, di Piazza del Duomo


Basilika Santa Maria del Fiore adalah katedral di Florence, Itali. Katedral ini biasanya dinamakan Duomo. Kompleks katedral ini yang berlokasi di Piazza del Duomo, mencakup Baptistery (Gedung Pembaptisan) dan Bell Tower (Menara Lonceng). Ketiga bangunan ini merupakan bagian dari Unesco World Heritage Site yang mencakup pusat sejarah Florence dan merupakan atraksi utama bagi turis yang berkunjung ke Tuscany.
Basilika ini dirancang oleh Arnolfo di Cambio dengan kubah yang dirancang oleh Filippo Brunelleschi. Bell Tower dirancang oleh Giotto.
Bagian luar Duomo dihiasi dengan panel pualam berwarna hijau dan merah jambu dan warna putih di pinggirannya. Pembangunannya dimulai di tahun 1296 dan selesai di tahun 1469, kecuali dekorasinya. Dekorasi bagian depan dikerjakan dari tahun 1876 sampai 1903.
Kubah Duomo yang dirancang oleh Brunelleschi terbuat dari batu bata dengan bentuk oktagonal, adalah kubah batu bata terbesar di dunia. Kubah itu adalah mahakarya yang tahan akan halilintar, gempa dan perjalanan waktu, dan selalu menarik perhatian orang-orang yang melihatnya dari jauh. Inovasi Brinelleschi yang mengagumkan mencakup penopangan ruang kubah tanpa scafolding, dengan menggunakan lapisan ganda yang berongga. Lapisan dalam, dengan ketebalan lebih dari 2 meter, terbuat dari batu bata ringan yang ditata dengan pola tulang ikan herring dan merupakan struktur yang menyangga dirinya sendiri, sedangkan lapisan luar kubah ini bertindak sebagai pelapis yang lebih kuat, dan penahan hempasan angin.
Kubah itu dimahkotai sebuah lentera dengan atap berbentuk kerucut, yang dirancang oleh Brunelleschi namun dibangun setelah kematiannya di tahun 1446, sedangkan lingkup dari campuran emas dan tembaga dan salib di atas lentera, yang berisi relika suci, dirancang oleh Andrea de Verrocchio dan dipasang di tahun 1466.
Fresco dari Pengadilan Terakhir di dinding dalam kubah itu dibuat oleh Giorgio Vasari yang diapit oleh Vincenzo Borghini yang membuat subyek iconografik tersebut dan menambahkan tema-tema yang diambil dari buku Divine Comedy karangan Dante.
Sebagian besar jendela kaca berpatri dibuat di antara tahun 1434 dan 1455 sesuai rancangan dari seniman ternama seperti Donatello, Andrea del Castagno dan Paulo Uccelo. Lapisan kayu bagian dalam lemari sakristi  dirancang oleh Brunellischi dan seniman lainnya, termasuk Antonio del Pollaiolo. 
Gedung Baptistry di komplex Piazza del Duomo, yang dinamai Baptistry Santo Yohanes terkenal dengan ketiga pintu gerbang tembaga yang dihiasi secara artistik dengan relief patung-patung. Pintu Gerbang Selatan diciptakan oleh Andrea Pisano dan yang Utara dan Timur oleh Lorenzo Ghiberti. Pintu Gerbang Timur dinamai oleh Michelangelo sebagai Gerbang Surgawi.
Ghiberti membutuhkan 21 tahun untuk menyelesaikan Gerbang Surgawi tersebut. Pintu tembaga berlapis emas itu mencakup 28 panel, dengan 20 panel menggambarkan kehidupan Kristus dari Perjanjian Baru. Kedelapan panel yang di bawah menunjukkan empat pewarta injil dan bapak-bapak  gereja St Ambrosius, St Jerome, St Gregorius dan St Agustinus.
Di atas Gerbang Surgawi berdiri Pembaptisan Kristus oleh Andrea Sansovini. Dante, penyair Itali dan banyak lagi tokoh terkenal masa Rennaissance, termasuk keluarga Midici, dibaptis di gedung ini.
Bell Tower yang dirancang oleh Giotto, adalah sebuah struktur langsing segi empat dengan sisi 14.45 meter. Tingginya 84.7 meter dan mempunyai sisi berbetuk poligonal di sudut-sudutnya. Ini adalah contoh yang paling jelas dari gaya arsitektur Gothic di abad ke 14. 
Dilapisi marmer merah jambu dan hijau seperti Duomo disebelahnya, menara lonceng segi empat yang agung itu dianggap sebagai menara lonceng yang paling indah di Itali.
Elemen dekorasi kaya yang dibuat dari panel-panel heksagonal dan bentuk berlian merangkum konsep Keteraturan Universal dan menceritakan kisah Pertobatan Manusia.

 
Sumber : www.museumflorence.com dan Wikipedia.org




Tidak ada komentar:

Posting Komentar