Kita bisa katakan bahwa jalanan Myeongdong, pusat perbelanjaan di Seoul, adalah wajah Korea modern yang dikendalikan oleh “Hallyu” atau “Gelombang Korea” yang merupakan istilah kolektif bagi perkembangan yang fenomenal dari kebudayaan pop Korea yang mencakup segalanya mulai dari musik, filem, drama samapai ke pakaian dan makanan. Gelombang Korea mulanya menyebar ke Tiongkok dan Jepang sekitar tahun 2000, dan kemudian ke Asia Tenggara dan beberapa Negara di dunia di mana ia terus memiliki pengaruh yang kuat dan menjadi salah satu fenomena kebudayaan terbesar di Asia.
Saat kita berjalan di Myeongdong kita
bisa melihat berbagai tanda mata dari K-pop dan K-drama di toko-toko, mulai
dari calendar, cangkir kopi, ke T-shirts, kaus kaki dan bahkan keripik kentang,
hampir segalanya menampilkan wajah selebritis terkemuka negara ini. Kita bisa
melihat wajah dari group K-pop Girl’s Generation, Blackpink, atau boy group Exo
, Super Junior di baju dan alat tulis
menulis, dan kita bisa melihat jejak-jejak dari
Winter Sonata, Autumn in My Heart, atau My Sassy Girl dipajangan untuk
mengingatkan kita akan filem drama TV Korea yang terkenal.
Masa kini kebudayaan pop Korea juga
mempengaruhi baik wanita maupun pria di Asia untuk menyukai produk pemeliharaan
kulit dan make-up buatan Korea. Yoona
dari group Girls’ Generation yang terpilih sebagai model bagi Innisfree, dan
Taeyeon yang juga dari Girls’ Generation mewakili Nature Republic , dengan
image bersih mereka berhasil meluncurkan kosmetik-kosmetik buatan Korea menjadi
merek yang dikenal secara global. Maka di tahun-tahun ini kosmetik Korea mendobrak
Asia di hampir semua penjuru. Dari face masks dan body cream sampai ke cairan
pembersih dan hand lotions, Korea memiliki produk-produk kecantikan yang
merupakan salah satu yang terbaik dan yang paling terjangkau di pasar. Oleh
karena itu baik toko kosmetik kecil maupun departments store di Myeongdong
selalu dipenuhi pembelanja yang mencari produk-produk dari The Faceshop,
Innisfree, Missha, Nature, Tony Moly, Etude House dsb.
Myeongdong yang dalam bahasa Korea
berarti “terowongan terang” atau “gua terang” barangkali image-nya telah dibentuk oleh kesan terang,
mengkilat dan terpoles dari tempat ini dan idola-idola pop Korea. Anda bisa melihat dimana-mana
iklan-iklan di “terowongan terang” ini menampilkan wajah-wajah cantik
mempromosikan pakaian dengan merek mewah, kosmetik yang memuluskan dan aneka
asesori pakaian. Baik di billboard yang
gemerkap maupun di layar TV, jaket, topi dan baju bisa menjadi ikonik ketika
dipakai oleh Chanyeoul dari Exo, Nayeon dari Twice atau Suga dari BTS.
Department Store yang bertingkat-tingkat dan toko-toko kecil tumbuh menjamur
bertindak sebagai panggung yang mengajak anda untuk membeli pakaian-pakaian
bergaya mutakhir, dengan seorang K-pop idol dari karton berdiri menyambut anda di muka pintu.
TAMAT
Tahniah. Teruskan menulis.
BalasHapus