Cari Blog Ini

Rabu, 05 Februari 2020

Wawancara dengan Emile


Photo: Wikimedia
Salah satu tulisan Emile yang kontroversial adalah novel “Lourdes” mengenai konflik antara agama dan naturalisme yang dipanggungkan di lokasi ziarah terkenal Lourdes, Perancis. Setelah membaca novel ini saya terdorong untuk berbincang-bincang dan mengkonfrontasikannya dengan kontroversi yang ditimbulkan oleh novel itu. Saya berusaha untuk menghubunginya banyak kali, namun dia tampaknya sibuk dan sedang berkelana di Perancis.


Lalu, saat saya berkunjung ke Lourdes di bulan Agustus, saya dengar bahwa Emile juga sedang di sana di tengah ribuan peziarah yang datang dari segala penjuru dunia. Saya sangat heran dia mau datang ke sini, mempertimbangkan reputasinya sebagai pendiri pergerakan kesusasteraan baru ‘Le Naturisme’, kembali kepada alam, sebuah bentuk realisme yang ekstrim yang menerangkan segala sesuatu berdasarkan gejala alamiah dan menyangkal segala suatu yang supranatural atau dicampurtangani ilahi.

Dengan tekad menemuinya, saya bertanya kepada orang-orang di sana mengenai keberadaanya, tapi tidaklah mudah. Setiap orang yang datang kesini memiliki minat tersendiri, dan tentunya mengincar selebritis bukanlah minat utama mereka. Namun, dengan sedikit keberuntungan, setelah pencarian panjang saya melihatnya ditengah sekelompok kecil peziarah yang sedang bernyanyi dan menari, dekat Grotto di samping sungai Gave de Pau.

Dia sepertinya sedang bergembira di sana dan ternyata orangnya ramah dan mudah didekati.  Setelah saling bertukar ‘Bonjour’, dan ‘bolehkah saya berbicara dengan anda’ dengan sopan,  dia setuju untuk berbincang di sana di pinggir sungai Gave de Pau. Saya tidak menyangka-nyangka, kepala saya meledak membayangkan pujian-pujian dan hadiah-hadiah yang akan saya dapat dari penerbit ‘stenote’.

Lalu saya buru-buru membuka perbincangan:
“Monsieur, Lourdes saat ini tampaknya sudah sangat jauh berkembang dibandingkan dengan saat Bernadette Soubirous hidup. Dulunya adalah perkampungan hijau dengan beberapa ratus penduduk, jauh dari jalan besar, pada masa Bernadette. Sekarang, lihatlah, ada sebuah basilica yang megah di pusatnya, dan gua Massabeille yang liar tempat penampakan Santa Maria sekarang di rapikan dan dihiasi bunga-bunga, dan banyak hotel-hotel dan restoran-restoran bagus yang mengelilingi tempat ini.”

Emile:
“Benar, di buku saya, saya menulis tentang perbandingan keadaan Lourdes masa kini dengan rumah Bernadette di Rue des Petits Floses yang dibiarkan sama seperti keadaan aslinya. Rumah itu tampak sederhana dan menyedihkan di daerah yang suram, dengan bagian muka yang sedih yang jendela-jendelanya tidak pernah terbuka. Di dalamnya seperti ruang gelap yang rendah, dindingnya yang rapuh, plesterannya lembab dan bernoda, rontok sedikit demi sedikit, penuh dengan retak-retak, dan menghitam seperti langit-langitnya. Ya, inilah ruangannya, dari sinilah semua asal muasalnya, 3 tempat tidur untuk 7 orang anggota keluarga Soubirous mengisi tempat kecil ini. Semuanya hidup di sini tampa udara, cahaya, dan hampir tanpa roti! Sungguh kesengsaraan yang mengerikan! Betapa hinanya, kemiskinan yang perlu dikasihani!”

Aku berkata:
“ Tak dapat dihindari bahwa orang-orang mengkritik Lourdes masa kini dalam hal hubungannya dengan praktek-praktek bisnis masa kini, komersialisasi. Sekitar 5 juta peziarah dari seluruh penjuru dunia mengunjungi Lourdes setiap tahunnya, membuatnya kota kedua di Perancis yang paling banyak dikunjungi, setelah Paris. Ada kekhawatiran bahwa dengan menjadi tempat ziarah yang melayani pengunjung masal, aktivitas komersial yang mengitari perziarahan akan meluruhkan kesucian tempat ini.”

Emile, mengutip bukunya:
“Tapi, memang, saya musti bilang bahwa anggota komunitas religious seharusnya tidak memiliki hotel. Tidak, tidak, itu tidaklah benar. Bukankah seharusnya mereka dari komunitas biarawati Blue Sisters, mereka dari Sisters of the Immaculate Conception, membatasi diri mereka ke fungsi mereka yang sebenarnya, pembuatan roti untuk sakramen, memperbaiki dan mencuci kain-kain gereja?

Alih-alih begitu, mereka malah mengubah biara mereka menjadi losmen yang besar, di mana wanita-wanita yang datang ke Lourdes sendirian dapat menemukan kamar tersendiri dan bisa makan di kamarnya maupun di ruang makan umum. Semuanya tentulah sangat bersih, diatur sangat rapih dan tidak mahal, berkat ribuan keleluasaan yang didapatkan para biarawati; kenyataannya tidak ada satupun hotel di Lourdes yang bisnisnya melebihi ini.”

Aku berkata:
“Karena formasi modernnya, bahkan ada tudingan bahwa Lourdes sudah menjadi sebuah Disneyland bagi orang dewasa. Kalau dipikir-pikir, boulevard-boulevard dan taman-tamannya mirip dengan yang di Disney town,  Rosary Basilica dapat dibandingkan dengan Istana Cinderella, prosesi Ave Maria bisa dibandingkan dengan karnaval “Happiness is here” di Disneyland, dan lilin-lilin yang dipakai di prosesi malam bisa dibandingkan dengan kembang api di Disneyland.”

Emile:
“Disneyland di Hong Kong memiliki kereta api khusus menuju tempatnya yang terpencil di pulau Lantau. Seluruh kereta dihiasi dengan Mickey Mouse luar dalam, semua bermotif wajah Mickey. Tempat duduknya diatur seperti ruang keluarga sehingga penumpang dapat merasa nyaman. Jendela-jendelanya berbentuk Mickey, pegangan tangan untuk penumpang berbentuk kupingnya Mickey, dan interiornya dihiasi patung-patung Mickey, Donald dan Goofy. Sehingga anda sudah merasa suasana Disney walaupun belum sampai ke theme park nya.

Di satu sisi, Gereja juga menggunakan kereta api secara inovatif untuk meningkatkan jumlah peziarah ke Lourdes. Mereka mengkoordinasikan kereta api khusus bagi peziarah, merancang gerbong-gerbong untuk mengangkut peziarah yang sakit dan yang cacat, dan mendapatkan diskon 20 hingga 30 persen bagi tiket kelas ekonomi.

Seperti yang saya tulis di buku saya, kereta-api kereta-api ke Lourdes adalah rumahsakit rumah sakit beroda bagi penderita penyakit tahap akhir, yang berisi penderitaan manusia yang bergegas akan harapan penyembuhan, dengan gencar mencari penghiburan di antara serangan-serangan penyakit  yang keparahannya meningkat terus, selalu dibayangi oleh ancaman kematian -  kematian yang bergegas, melaju di bawah kondisi yang mengerikan, seakan berada di tengah-tengah gerombolan penyamun.”

Aku berkata:
“Anda bergabung dengan sebuah kereta api ke Lourdes kala itu untuk melihat sendiri kondisi kereta api dan berdasarkan pengalaman ini anda menulis di buku anda penderitaan, gairah dan harapan para peziarah. Kesakitan, kekhawatiran dan kematian tersebut adalah pengalaman nyata anda di kereta api itu.”

Emile:
“Ya, misalnya Elise Rouquet adalah gadis 18 tahun yang nyata, ia menderita penyakit lupus yang memangsa hidung and mulutnya.  Lukanya telah menyebar, dan menyebar dalam setiap jam – dengan singkat semua gejala mengerikan penyakit ini sudah berkembang sepenuhnya. Dia menutupi seluruh wajahnya dengan syal untuk menyembunyikan penyakit itu. Dia hanya bisa makan potongan-potongan kecil roti, yang dihirup berhati-hati kedalam mulutnya yang sudah hilang bentuknya. Ketika dia membuka syalnya untuk makan, orang-orang bisa melihat wajahnya dengan lubang-lubang menganga yang sepertinya merupakan wajah kematian. Semua orang di gerbong itu menjadi pucat ketika menyaksikan penampakan yang mengerikan itu. Dan pikiran yang sama bangkit di dalam hati orang-orang yang penuh harapan itu. Oh Perawan Penuh Rahmat, Perawan Berkuasa, betapa akan menjadi mujizat benar jika penyakit ini disembuhkan!”

Aku berkata:
“Lalu, seperti yang anda tulis di buku anda, Elise Rouquet merasa tidak perlu pergi ke piscinas (tempat pemandian atau pembasuhan peziarah) untuk memandikan luka mengerikan yang memakan wajahnya, membasuh mukanya dengan air disitu sebagai lotion, setiap 2 jam sejak kedatangannnya pagi itu. Dokter Bonamy, yang menganjurkannya untuk meneruskan pemakaian air itu sebagai lotion dan menyuruhnya kembali setiap hari untuk diperiksa, setelah beberapa saat melihat ada tanda-tanda pemulihan – yang tak tersangkalkan. Jelas nampak bahwa penyakit lupus yang memakan wajahnya, menunjukan tanda-tanda pemulihan.

Elise Rouquet, sekarang lukanya sudah mulai sembuh, lalu membeli cermin kantung, yang bundar besar, di mana ia tidak usah gusar mengamati wajahnya, karena ia menganggap wajahnya cukup cantik dan mengamati dari menit ke menit kemajuan pemulihannya, saat wajahnya sekarang sudah manusiawi kembali, dan lalu dengan genitnya memoncongkan bibirnya dan mencoba berbagai senyuman.

Tapi, Monsieur, walaupun anda mengamati dan menulis tentang kesembuhan penyakit lupus ini, anda menyangkal bahwa ini adalah mujizat. Anda bahkan menampik untuk mengamati wajah Elise yang sedang dalam pemulihan dari dekat seperti yang dianjurkan dokter Bonamy, dan bahkan menjawab :’Bagi saya wajahnya masih jelek.’ Bagaimana and bisa menampik hal ini?”

Emile:
“Seperti yang saya tulis di Pendahuluan buku saya, saya mengakui bahwa saya menjumpai beberapa kasus penyembuhan yang nyata. Banyak kasus gangguan syaraf yang disembuhkan tanpa keraguan, dan ada kasus kesembuhan lain yang mungkin disebabkan oleh kesalahan diagnosis dari dokter-dokter yang memeriksa pasien-pasien tersebut. Kesembuhan yang begini didasarkan atas keteledoran profesi medis.

Seperti yang dikatakan doker Chassaigne para ahli medis menduga banyak penyakit-penyakit ini disebabkan olef syaraf. Ya, mereka menemukan bahwa banyak keluhan seperti ini sering disebabkan buruknya nutrisi pada kulit. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini belumlah dipelajari dan dimengerti dengan baik!  Beberapa ahli medis mulai membuktikan bahwa iman yang diteguhkan bahkan dapat menyembuhkan penyakit, di antaranya beberapa jenis lupus. Bagaimanapun sains adalah sia-sia, sains adalah lautan ketidaktentuan.”

Aku berkata:
“Anda datang ke Lourdes untuk mempelajari fenomena mujizat dari sudut pandang skeptis, namun tak teduga-duga anda mengamati 3 mujizat dalam satu kunjungan anda, sementara bagi banyak orang mereka tak mendengar satu mujizatpun, atau penampakan seakan mujizat, di banyak kunjungan-kunjungan ke sini.

Anda menulis tentang mujizat-mujizat itu dengan terperinci, selain Elise Rouquet ada gadis cilik petani Sophie Couteau yang kembali berkunjung ke Lourdes setelah ia disembuhkan setahun sebelumnya. Dia menderita selama 3 tahun luka menganga yang mengerikan di kakinya, kakinya bengkak dan sudah tak berbentuk. Kakinya selalu diperban karena selalu ada cairan kotor yang keluar dari luka itu. Doker yang membuka kakinya untuk melihat ke dalam, mengatakan bahwa ia harus mengeluarkan sebagian tulang; dan hal ini, cukup pasti akan menjadikan Sophie lumpuh seumur hidup.

Namun dia sembuh dalam sekejap setelah membasuh kakinya di piscina; dimana semua perbannya jatuh terlepas, dan seluruh kakinya sembuh seperti kondisi sehat semula.”

Emile:
“Saya menyelidiki hal ini secara mendalam. Saya dibilangi ada 3 atau 4 wanita di Lourdes yang dapat menjamin fakta-fakta seperti yang dibilang oleh Clementine Trove, nama asli Sophie. Saya mencari wanita-wanita itu. Namun tak seorangpun bisa menjamin apapun, tak seorangpun menyaksikannya, dan saya tak mendapatkan sesuatupun pembenaran akan cerita gadis cilik ini. Tapi gadis ini tidak kelihatan seperti pembohong, dan saya yakin dia sungguh percaya penyembuhannya adalah mujizat. Fakta-fakta lah yang berdusta.”

Aku berkata:
“Ada kasus lain lagi yang anda alami, penyembuhan Marie Lebranchu, anda namai La Grivotte di buku anda. Wanita 36 tahun ini menderita tuberculosis paru-paru yang mematikan selama 2 tahun, dan sudah sampai stadium akhir penyakitnya.”

Emile, mengutip bukunya:
“La Grivotte menangis deras ketika orang-orang tidak mau memandikannya di piscina. Mereka bilang penyakitnya mematikan, dan mereka tak dapat merendam seseorang dengan penyakit mematikan seperti ini ke dalam air yang dingin itu. Lalu ia sampai lelah berkata kepada mereka selama setengah jam bahwa mereka hanya menggusarkan Perawan Penuh Rahmat, karena ia yakin ia akan disembuhkan. Dia mulai menyebabkan skandal hingga salah seorang pastor datang dan mencoba menenangkannya. Lalu setelah mendapat ijin khusus dari pastor Forcade, dia mengharuskan dirinya untuk memohon dan meminta-minta dengan terisak-isak agar mereka merendamkannya.

Dan lalu terjadilah apa yang La Grivotte katakan akan terjadi. Belum lagi direndam selama 3 menit di air sedingin es itu – semua orang khawatir oleh detak penyakit mematikannya – ketika dia mendapatkan kekuatan kembali ke badannya seperti cambuk mencambuki seluruh badannya. Lalu kegembiraan yang berkobar-kobar merasukinya; berseri-seri, berjingkrak-jingkrak, dia tak bisa berdiam. Di malam sebelumnya dia terlihat terbaring di kursi roda, punah, batuk dan meludahkan darah, dengan wajah pucat pasi.”

Aku berkata:
“ Pada akhir buku itu, anda menulis bahwa La Grivotte kembali jatuh sakit dengan penyakitnya yang mematikan itu dan dalam keadaan sekarat di kereta api perjalanan balik ke rumah, yang menyarankan bahwa kesembuhannya tidaklah permanen dan bukanlah supranatural, tapi cuma kasus sugesti automatis di tengah suasana religious yang histeris.

Namun anda terus berhubungan dengan wanita itu lama sesudah kesembuhannya, dan pasti mengetahui bahwa penyakitnya tidak pernah kambuh lagi. Marie Lebranchu, nama asli La Grivotte, hidup sehat sampai tahun 1920.

Dokter Boissarie, atau doker Bonamy di buku anda, Presiden dari Medical Bereau, mempertanyakan kejujuran anda akan cerita anda, merujuk kepada perkataan anda bahwa anda datang ke Lourdes untuk melalukan penyelidikan yang imparsial.”

Emile:
“Saya menjawab dokter Boissarie bahwa sebagai seniman saya bisa berbuat apa saja dengan tulisan saya. Saya menulis untuk mengungkapkan pandangan saya tentang agama penderitaan manusia, penebusan rasa sakit, kemanusian yang menangis putus asa dengan penderitaan, seolah seperti orang lumpuh yang putus asa, kelumpuhan yang tak tersembuhkan, dan yang mana hanya mujizat dapat menyelamatkannya.”

Aku berkata:
“Hampir 7,000 kesembuhan didokumentasikan di perairan Lourdes. Gereja menyelidiki dengan seksama semua kasus ini dan mengakui hanya 67 di antaranya. Ke-67 kasus ini juga disetujyui sebagai mujizat oleh International Medical Committee of Lourdes (CMIL).

Ketiga mujizat yang anda amati, dari Clementine Trove (Sophie Couteau di buku anda), Marie Lemarchand (Elise Rouquet) dan Marie Lebranchu (La Griovote),  semua termasuk dalam 67 mujizat yang disetuhui oleh Gereja dan CMIL.”

Emile:
“Mujizat-mujizat Lourdes tidak dapat dibuktikan ataupun disanggah. Tidak satupun mujizat yang saya amati saya bisa menemukan bukti nyata yang menunjang atau menyanggah bahwa penyembuhan itu adalah mujizat. Bahkan jika saja saya menyaksikan semua orang sakit disembuhkan di Lourdes, saya tetap tidak akan percaya akan mujizat.”

Aku berkata:
“Monsiuer, terlepas dari kepercayaan anda, novel anda telah merangkum dengan baik rasa kasih sayang manusia, tragedinya, harapannya dan drama pejiarah penderita sakit, yang disembuhkan dan yang tak disembuhkan. Pemaparan tentang kenekatan dan rasa putus asa penderita penyakit, yang diabaikan oleh sains dan manusia, mengarahkan diri ke pada Kuasa yang lebih tinggi mengharapkan bantuan. Di sini fenomena Lourdes ditulis dan diamati dengan sangat baik, buku ini menggambarkan Lourdes dari segala aspek. Ada sekitar seratus karakter yang anda tulis, penderita sakit, pejiarah, pastor, suster, perawat, semua mereka terasa hidup dalam tulisan anda.

Lalu, bolehkah saya bertanya untuk terakhir kali, apakah benar Sophie bercerita: ‘Saya tidak membawa cukup perban untuk kaki saya, jadi sang Perawan Penuh Rahmat sangat berbaik hati menyembuhkan saya di hari pertama, karena saya akan kehabisan pembalut di keesokan harinya.”


Emile hanya tersenyum…..


TAMAT

Ini adalah wawancara imajiner mengenang Emile Zola.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar